Social Icons

Pages

Sunday, February 10, 2013

Teknis Pelaksanaan Kompetisi



GECo I dilaksanakan melalui tiga babak.
A.    Babak Penyisihan
Babak penyisihan dilaksanakan dalam bentuk storytelling contest. Adapun teknis pelaksanaannya adalah sebagai berikut.

a.       Storytelling dilakukan berkelompok dengan memilih satu dari cerita di bawah ini.
·         Sangkuriang
·         The Legend of Lake Toba
·         The Legend of Selat Bali
·         Mayadanawa
·         Timun Mas
b.      Peserta dapat menggunakan property atau perangkat tambahan yang kreatif dalam bercerita, namun property tidak dibenarkan berupa backdrop/latar dan/atau property berupa makhluk hidup (tanaman, hewan, dan/atau manusia)
c.       Peserta tidak dibenarkan membawa catatan saat melakukan storytelling
d.      Pembina tidak dibenarkan memberi petunjuk kepada peserta saat melakukan storytelling, termasuk ketika memasang atau menggunakan property
e.       Storytelling berdurasi 7-10 menit, termasuk waktu pemasangan property apabila property dipasang setelah peserta ada di area performance, yang ditandai dengan isyarat dari time keeper.
f.       Time keeper akan memberi isyarat kepada peserta saat storytelling memasuki menit ke-5, ke-7, dan pada akhir menit ke-10 (waktu habis).
g.      Penilaian di Babak Penyisihan meliputi: kelancaran berbahasa Inggris, ketepatan pengucapan, ketepatan tata bahasa, kepercayaan diri, kreativitas, ketepatan waktu dan kerja tim (rincian detail kriteria penilaian akan diberitahukan menyusul melalui http://geco2013.blogspot.com pada tanggal 4 Maret 2013).
h.      Pelanggaran terhadap ketentuan di atas, apabila dilakukan satu kali akan diberi peringatan oleh moderator, namun apabila terjadi pengulangan pelanggaran peserta dapat dikenai sanksi yang ditentukan panitia.
i.        Peserta akan dibagi ke dalam dua ruangan yang pembagiannya ditentukan dengan pengambilan undian setelah acara technical meeting. Peserta yang lolos untuk mengikuti Babak Semifinal adalah 6 peserta terbaik, yaitu empat peserta terbaik di ruang pertama dan empat peserta terbaik di ruang kedua.

B.     Babak Semifinal
Babak semifinal dilaksanakan melalui aktivitas Fun Games. Adapun teknis pelaksanaannya adalah sebagai berikut.
a.       Fun Games adalah permainan tim yang mengasah aspek kognitif, psikomotor, dan afektif secara bersamaan. Peserta akan ditugaskan untuk menyelesaikan tugas-tugas di setiap pos dengan waktu yang telah ditentukan.
b.      Pos di babak ini terdiri dari enam pos berbeda. Pos keberangkatan untuk masing-masing kelompok akan ditentukan berdasarkan undian.
c.       Setelah pengundian selesai, peserta akan diantarkan ke pos keberangkatan oleh panitia secara persamaan.
d.      Di pos keberangkatan, akan ada tugas yang harus diselesaikan oleh peserta dalam waktu yang telah ditentukan. Setelah tiba saatnya berangkat ke pos selanjutnya, peserta akan diberikan suatu petunjuk untuk mencari pos selanjutnya dalam waktu yang telah ditentukan
e.       Apabila peserta pergi ke pos yang salah (tidak sesuai dengan petunjuk yang diberikan di pos sebelumnya), peserta boleh kembali mencoba untuk mencari pos yang tepat. Apabila peserta tiba di pos terlambat (lebih dari batas waktu yang ditentukan), waktu peserta dalam mengerjakan tugas di pos tersebut akan dipotong sesuai dengan besarnya keterlambatan. Namun apabila peserta tiba lebih awal, akan ada tambahan poin sesuai dengan besarnya waktu yang dihemat. Panitia pendamping akan memberi petunjuk apabila waktu telah benar-benar habis sehingga peserta tidak dapat meneruskan pencarian. Apabila hal ini terjadi, peserta akan diberi petunjuk untuk menuju ke pos selanjutnya dan poin di pos yang gagal dituju adalah 0 (zero). Aturan time penalty dan time bonus diijelaskan dengan tabel situasi berikut.


Petunjuk di pos I: your next point is Banjarmasin. To go to Banjarmasin. You have to go to the Lobby and open your eyes widely there. There is a thing which should not be there. Open it and you will find where to go. You have five minutes to find the next point
peserta berhasil mencapai Pos Banjarmasin tepat waktu.
tidak ada pengurangan waktu untuk pengerjaan tugas di Pos Banjarmasin
peserta berhasil mencapai Pos Banjarmasin dalam waktu tiga menit.
peserta memperoleh time bonus (poin tambahan)
peserta mencapai Pos Banjarmasin dalam waktu delapan menit (terlambat tiga menit dari waktu yang ditentukan)
Waktu yang diberikan untuk peserta dalam menyelesaikan tugas di Pos Banjarmasin dikurangi tiga menit dari waktu yang seharusnya
peserta tidak berhasil memecahkan petunjuk karena waktu habis atau memutuskan untuk skip
peserta akan diberikan petunjuk untuk mencapai pos setelah Pos Banjarmasin. Poin di Pos Banjarmasin dianggap 0 (zero)
f.       Tugas-tugas di pos tersebut dapat berupa penugasan kecil menguji reading comprehension, listening comprehension, speaking performance, writing skill, English vocabulary and English grammar.
g.      Seluruh instruksi akan diajukan dalam Bahasa Inggris.
h.      Peserta yang lolos ke babak final adalah tiga peserta dengan poin tertinggi, yang diperoleh dari akumulasi poin di seluruh pos.

C.     Babak Final
Babak final dilaksanakan dalam bentuk impromptu storytelling. Adapun teknis pelaksanaannya adalah sebagai berikut.
a.       Peserta akan mengambil undian untuk menentukan petunjuk alur yang akan disusun menjadi sebuah cerita.
b.      Setiap undian akan merujuk ke suatu rangkaian gambar yang berisi kata-kata singkat (comic-strip).
c.       Peserta diberi waktu 15 menit untuk menyusun sebuah cerita berdasarkan comic-strip yang telah diberikan dan menyiapkan penampilan storytelling-nya.
d.      Setelah waktu habis, peserta diharuskan berhenti untuk bekerja dan membaca/menghapal catatan.
e.       Berdasarkan undian, peserta menampilkan storytelling berkelompok. Sebagai petunjuk, peserta diperbolehkan melihat comic-strip yang ditampilkan oleh panitia.
f.       Storytelling di babak final ini berdurasi 5-7 menit per kelompok.
g.      Time keeper akan memberikan isyarat penanda pada saat dimulai, menit ke-3, ke-5, dan ke-7(waktu habis).
h.      Penilaian di Babak Penyisihan meliputi: kelancaran berbahasa Inggris, ketepatan pengucapan, ketepatan tata bahasa, kepercayaan diri, kreativitas, ketepatan waktu dan kerja tim (rincian detail kriteria penilaian akan diberitahukan menyusul melalui http://geco2013.blogspot.com pada tanggal 4 Maret 2013).
i.        Pemenang GECo I ditentukan dari poin impromptu storytelling di Babak Final.

1.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan oleh dewan juri yang terdiri dari dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditentukan (rincian detail kriteria penilaian akan diberitahukan menyusul melalui http://geco2013.blogspot.com pada tanggal 4 Maret 2013). Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

2.      Lain-lain
GECo I dilaksanakan pada tanggal 15 April 2013. Peserta dinyatakan didiskualifikasi apabila tidak melakukan pendaftaran ulang. Pendaftaran ulang peserta dilaksanakan pukul 07.30 – 08.45 WITA di Lobby Kampus Bawah Undiksha, Jalan A.Yani, Singaraja-Bali.

Technical meeting akan diadakan pada tanggal 15 April 2013 sebelum kompetisi dimulai. Peserta diwajibkan mengikuti Technical Meeting. Peserta yang tidak mengikuti Technical Meeting didiskualifikasi..

Rincian jadwal acara lebih lanjut akan diinformasikan melalui http://geco2013.blogspot.com pada tanggal 4 Maret 2013. Hal-hal lain yang menyangkut teknis pelaksanaan GECo I yang belum diatur dalam Deskripsi dan Teknis Lomba ini akan diatur kemudian.

No comments:

Post a Comment

 

Link Download Penting

http://www.4shared.com/file/OIJ3DyDv/Deskripsi_dan_Teknis_Lomba_GEC.html

Powered by

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha Sekretariat: Jalan A.Yani, Singaraja-Bali

Contact

Pertanyaan: ganesha.eco13@gmail.com